Kesehatan · November 21, 2022 0

5 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

mengatasi rambut kering
Foto: Pexels/Ilustrasi.

Beragam cara bisa dilakukan untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Tentunya Anda harus menerapkan perawatan yang tepat agar rambut menjadi lebih sehat.

Rambut kering biasanya terjadi karena kulit kepala tidak dapat memproduksi minyak yang cukup sehingga pada akhirnya tidak bisa melembapkan rambut.

Ada beberapa penyebab lain yang juga bisa menjadi pemicu masalah rambut kering dan mengembang, di antaranya terlalu sering mencuci rambut, sering menggunakan catokan rambut, dan sering membiarkan rambut terpapar matahari tanpa perlindungan.

Sering melakukan pewarnaan, pengeritingan, hingga pelurusan rambut secara permanen pun dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan berkembang.

Lalu, bagaimana cara mengatasi rambut kering dan mengembang? Yuk, simak tips berikut ini.

Baca Juga: Yang Tak Boleh Terlewat, Belajar Eksfoliasi Kulit

1. Jangan Terlalu Sering Mencuci Rambut

Cara pertama mengatasi rambut kering dan mengembang yang bisa Anda lakukan adalah menghindari kebiasaan mencuci rambut setiap hari.

Perlu diketahui bahwa mencuci rambut setiap hari justru bisa membuat rambut Anda menjadi bertambah kering, bahkan sampai rusak.

Ada baiknya untuk mencuci rambut 1-2 kali saja dalam seminggu atau cuci rambut apabila sudah terasa kotor.

2. Pilih Shampo yang Tepat

Memilih shampo untuk rambut pun penting untuk Anda perhatikan. Karena yang paling baik untuk rambut Anda adalah shampo yang sesuai dengan jenis rambut.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan shampo rambut kering khusus agar bisa melembapkan rambut Anda sehingga kadar air di kulit kepala bisa tercukupi.

Baca Juga: Jangan Ada Dehidrasi di Antara Kita

Pemicu rambut kering sendiri salah satunya adalah kulit kepala yang kering. Tak jarang ketombe pun banyak bermunculan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih shampo rambut kering yang mengandung dimethicone, cocamidopropyl betaine, natrium benzoat, dan methylchloroisothiazolinone.

Kandungan zinc pyrithione dan mentol juga sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut kering dan mengembang serta mencegah ketombe.

3. Pakai Kondisioner Setelah Keramas

Setelah membersihkan rambut dengan shampo, sebaiknya menggunakan konsioner agar kadar minyak alami di dalam rambut tetap terjaga.

Baca Juga: Mari Berupaya Meningkatkan Daya Ingat

Kondisioner juga dinilai dapat membuat rambut menjadi lebih lembap dan sehat.

4. Lindungi Rambut dari Paparan Sinar Matahari

Penting sekali untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari yang terlalu lama, terlebih jika cuaca sedang panas-panasnya.

Gunakanlah penutup rambut saat beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi rambut Anda supaya tidak rusak.

Baca Juga: Menerapkan Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi

5. Jaga Pola Makanan Sehat

Merawat rambut kering dan mengembang juga bisa dilakukan dari dalam, salah satunya dengan menjaga pola makan. Mengonsumsi makanan sehat bisa membantu rambut menjadi lebih sehat dan tak lagi kering serta mengembang.

Sayur dan ikan disebut bagus untuk dikonsumsi agar rambut tidak menjadi rapuh. Begitu pula dengan buah-buahan yang dinilai mampu mencegah kerusakan rambut.

Nah, itulah 5 cara mengatasi rambut kering dan berkembang yang bisa mulai Anda lakukan. Semoga bermanfaat.