Kesehatan · Maret 26, 2024 4

Cara Konsultasi di Halodoc, Berobat Mode Sat Set

cara konsultasi di Halodoc

Aku tuh sering banget bepergian sendiri. Karena emang udah terbiasa aja gitu apa-apanya ngurus sendiri. Bahkan sampai berobat pun ke dokter sendiri. Kadang badan udah lemah tak berdaya aja aku paksa bangkit buat beli obat atau berobat. Motoran, kena angin, makin lemes, tapi selama masih bisa berdiri tetap gas terus jangan sampai kendor pokoknya. XD

Tapi untungnya makin ke sini, teknologi tuh makin canggih ya. Berobat nggak pakai keluar rumah juga bisa banget. Bener nggak tuh?

Semenjak kenal Halodoc, aku jadi lumayan sering konsultasi online dengan dokter-dokter yang ada di sana. Kalau udah ngerasa sakit berhari-hari, aku pasti langsung buka Halodoc di aplikasi. Nggak tau kenapa ya, sekarang tuh lebih mager aja gitu keluar rumah kalau nggak banyak hal yang dilakuin. Jadi, pergi ke klinik juga rasanya males dan pastinya lemes sih kalau sendiri. Inginnya merem langsung ada di tempat gitu. Tapi kan ya aku hanya manusia biasa yang nggak punya kemampuan untuk teleportasi ke mana aja.

Makanya, konsultasi kesehatan online adalah berobat mode paling sat set banget buatku. Dan alhamdulillahnya pengalaman berobat di Halodoc juga sangat positif. Karena itu aku juga sekalian ingin berbagi pengalaman dan gimana cara konsultasi di Halodoc.

Baca Juga: Salah Kaprah Rapid Test

Apa Itu Halodoc?

Halodoc gratis

Buat yang belum familiar sama aplikasi satu ini, Halodoc adalah platform kesehatan digital yang memungkinkan kita untuk berkonsultasi dengan dokter secara online hanya dengan satu genggaman tangan.

Selain konsultasi di Halodoc, kita juga bisa memesan obat dan bahkan melakukan tes laboratorium tanpa harus pergi ke rumah sakit atau apotek. Bener banget karena Halodoc juga menyediakan layanan home care.

Nah, layanan kesehatan ini tentunya bisa diakses kapan dan di mana saja, sehingga Halodoc bisa jadi pilihan yang praktis buat perawatan kesehatan, seperti yang aku lakukan.

Terus gimana dokter-dokter di Halodoc? Apakah terjamin kualitasnya?

Tenang aja, Halodoc tuh diisi oleh dokter-dokter terbaik yang sangat profesional di masing-masing bidangnya. Mulai dari dokter umum, dokter gigi, dokter kulit dan kelamin, dokter THT, dokter anak, sampai ke dokter jiwa dari ratusan rumah sakit. Mereka semua akan membantu menjawab keluhan-keluhan kita dan memberikan resep sesuai dengan apa yang kita ceritakan. Jadi, prefer benar-benar kasih tau secara detail ya apa aja yang dialami supaya dokter pun bisa melakukan diagnosa yang tepat. Karena kan nggak bisa langsung cek keadaan kita secara tatap muka. Dan modalnya cuma cerita.

Baca Juga: Yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Jika Menderita Tipes

Apakah Chat dengan Dokter di Halodoc Bayar?

kupon Halodoc

Halodoc punya layanan premium atau dokter spesialis yang mengharuskan kita untuk melakukan pembayaran. Namun untuk biaya konsultasi sendiri bisa bervariasi, tergantung pada jenis layanan yang kita pilih dan dokter yang akan kita jadikan spesialis untuk konsultasi.

Jadi sebelum mulai konsultasi, ada baiknya lihat dulu detail biaya layanan yang dibutuhkan. Halodoc biasanya akan memberikan informasi yang jelas terkait biaya sebelum kita melanjutkan ke tahap konsultasi. Jadi kalau sekiranya cukup murah ya teruskan, kalau menurut kamu kemahalan ya nggak usah dilanjutkan. Tapi menurut aku, harga konsultasi yang ditawarkan cukup terjangkau. Mulai dari Rp20 ribuan aja dan kalau aku perhatikan konsultasi paling mahal di harga Rp250 ribu. Tapi kalau beruntung, bisa juga dapet gratisan lho.

Baca Juga: Tentang Gagal Ginjal dan Gangguan Fungsi Permanen

Bagaimana Cara Konsultasi di Halodoc Gratis?

Seperti yang aku bilang, kita bisa juga konsultasi Halodoc gratis. Halodoc seringkali kasih promosi atau penawaran khusus yang memungkinkan kita untuk melakukan konsultasi secara gratis atau dengan diskon. Sering-sering deh cek kupon Halodoc.

Aku pernah merasakan semuanya, mulai dari konsultasi Halodoc gratis, dapat diskon pakai kupon Halodoc, sampai yang berbayar.  Yang pasti paling excited kalau lagi ada diskon dan apalagi dapet gratisan. Lumayan kan, cuma keluar uang buat nebus obat aja.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Osteoporosis untuk Kesehatan Tulang

Halodoc Bisa Bayar Pakai Apa?

Metode pembayaran Halodoc itu beragam, bisa pakai transfer bank, dompet digital kayak OVO dan Gopay, sampai kartu kredit. Jadi kita punya banyak pilihan untuk melakukan pembayaran.

Berapa Lama Waktu Konsultasi di Halodoc?

Nah, untuk konsultasi di Halodoc itu diberi waktu sampai 30 menit. Jadi, kita bisa menceritakan keluhan-keluhan yang dirasakan lewat chat atau video call dalam waktu setengah jam tersebut. Emang harus pintar-pintar manfaatin waktu sih. Kalau aku biasanya udah prepare bikin chat isi keluhan sakit yang aku rasain sebelum mulai konsultasi. Jadi saat konsultasi dimulai tinggal copy-paste aja.

Menurutku cara ini lebih efisien dan bikin kita bisa tanya banyak hal juga. Ketimbang kita baru mikir mau ngomong apa pas konsultasi. Pasti kita butuh waktu untuk berpikir bagaimana cara menyampaikannya juga kan. Yang ada waktu konsultasi kita cepat habis. Apalagi kalau dapet dokter yang bales chatnya juga lama, kayak chat ke pacar yang lama balasnya. Ngabisin waktu banget kan jadinya? Kan sayang ya udah bayar-bayar tapi konsultasinya nggak tuntas.

Baca Juga: Kenali Penyebab Tulang Keropos di Usia Muda

Cara Konsultasi di Halodoc Sampai Tebus Obat

pembayaran Halodoc

Kalau kamu udah yakin dan bisa percaya untuk konsultasi kesehatan secara online, kamu bisa ikutin cara konsultasi di Halodoc ini. Berikut langkah-langkah konsultasi di Halodoc:

  1. Unduh Aplikasi Halodoc

Pertama, unduh aplikasi Halodoc di App Store untuk pengguna iOS dan Google Play untuk pengguna Android.

  1. Buat Akun atau Login

Kalau belum punya akun Halodoc, silakan bikin akun terlebih dahulu. Caranya gampang kok, tinggal klig Login dan masukin nomor handphone untuk buat akun baru. Setelah itu, isi beberapa informasi dasar seperti nama, alamat email, dan nomor telepon. Setelah membuat akun, login menggunakan informasi yang didaftarkan.

  1. Chat dengan Dokter

Ada banyak fitur dan layanan yang ditawarkan oleh aplikasi Halodoc. Pilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan kamu, apakah itu konsultasi dokter umum, konsultasi spesialis, atau layanan lainnya seperti pemesanan obat atau tes laboratorium.

Cara konsultasi di Halodoc juga sangat mudah. Klik fitur ‘Chat dengan Dokter’, lalu cari dokter umum atau spesialis yang mau kamu tuju. Nantinya kamu akan mendapatkan berbagai rekomendasi dokter yang sesuai dengan kebutuhan.

Di sana akan tertera nama dokter, spesialis di bidang apa, berapa lama kerja, kerja di rumah sakit mana aja, sampai persentase pelayanan yang dokter tersebut berikan.

Baca Juga: USG 4D Murah di Surabaya

  1. Pilih Waktu Konsultasi dan Dokter Pilihan

Setelah memilih jenis layanan, kita akan diminta untuk menentukan waktu konsultasi yang tersedia sesuai dengan jadwal dokter. Pilih dokter yang ingin kamu konsultasikan, baik itu dokter umum atau spesialis sesuai dengan masalah kesehatan yang dihadapi.

Saran aku sih, ada baiknya cari referensi dokter yang bagus. Kalau aku biasanya cari tahu informasi dan rekomendasi dokter Halodoc di Twitter, di sana banyak yang bagiin pengalaman konsultasi sama dokter yang dimaksud. Tapi, ada beberapa dokter yang jadwalnya penuh terus. Mungkin karena banyak yang rekomendasiin beliau :’)

  1. Lakukan Pembayaran

Biasanya setelah pilih waktu konsultasi, kita akan menerima jumlah pembayaran konsultasi dengan dokter yang dituju. Halodoc menyediakan berbagai metode pembayaran yang aman dan nyaman, mulai dari transfer bank, kartu kredit, atau dompet digital.

  1. Mulai Konsultasi

Saat waktu konsultasi tiba, buka aplikasi Halodoc dan masuk ke dalam sesi konsultasi dengan dokter. Kita akan terhubung secara langsung dengan dokter melalui obrolan teks atau panggilan video, tergantung pada jenis layanan yang dipilih. Di situ, sampaikan keluhan kesehatan dengan jelas kepada dokter untuk mendapatkan diagnosis dan saran pengobatan yang tepat.

  1. Tebus Obat

Setelah konsultasi selesai, dokter akan memberikan anjuran atau resep obat jika diperlukan. Pastikan untuk mengikuti anjuran dokter ya. Biasanya Halodoc akan langsung mencarikan obat yang dokter resepkan untuk kita dan kita bisa langsung pesan obat tersebut. Kalau obat tersebut banyak ditemukan di apotek terdekat biasanya kita bisa langsung pesan dan nerima obat yang ditebus hari itu juga dengan pengiriman instan. Tapi kalau nggak ada di apotek terdekat, Halodoc akan kasih pilihan untuk pengiriman reguler.

Baca Juga: Kusta dan Stigma yang Menghampiri Kita

Oh iya, resep dari dokter bisa kita unduh juga ya. Jadi kalau mau tebus obat langsung sendiri atau beli online bisa gunain resep tersebut. Aku lebih sering pakai pilihan kedua, unduh resep obat dan cari obatnya secara online. Karena biasanya harganya lebih murah hehehe.

Setelahnya kita juga bisa melakukan konsultasi lanjutan yang terjadwal. Terkadang, dokter kasih saran untuk kontrol setelahnya supaya bisa memantau kondisi kesehatan kita.

Nah, itu dia cerita pengalaman aku konsultasi di Halodoc. Kalau kamu punya pengalaman yang menarik juga, boleh banget cerita di kolom komentar ya.