Tekno · Desember 23, 2021 53

Rekomendasi Gadget Mumpuni Pricebook Editorial Choice 2021

Pricebook Editorial Choice 2021

Halo blogger, pembaca, semuanya. Gila ya, akhir tahun makin dekat aja. Targetku untuk punya laptop baru belum terkejar juga, padahal kerja lembur sudah bagai kuda. Kudanya, kuda catur kayaknya.

Tapi beneran deh, beberapa bulan ini aku fokus nabung untuk beli laptop baru. Semua referensi soal laptop-laptop mumpuni dengan harga terjangkau aku cari di Pricebook. Aku tebak, Pricebook juga pasti jadi acuan kalian buat mencari gadget baru yang dituju, kan?

Ngomongin Pricebook

Pricebook bukan lagi nama yang asing di kalangan para pemburu gadget. Aku pun selalu mengandalkan Pricebook untuk memilah dan memastikan kualitas calon gadget yang ingin kubeli, termasuk laptop yang kuinginkan saat ini.

Kenapa Pricebook sepenting itu? Karena situs ini memberikan panduan sekaligus pembanding harga gadget terbaik di Indonesia. Mulai dari smartphone terbaik, laptop terbaik, hingga banyak produk elektronik terbaik lainnya yang bisa kita temukan informasinya di dalam Pricebook secara spesifik.

Selain menyediakan panduan pembelian hingga rekomendasi toko atau lokasi pembelian terbaik mulai dari online dan offline, Pricebook juga menyediakan beragam berita serta ulasan melalui portal artikel Pricebook, sosial media dan juga channel Youtube Pricebook.

Yang lebih menarik lagi, Pricebook selalu menghadirkan edisi spesial akhir tahun melalui Pricebook Editorial Choice, di mana pihaknya telah memilih beberapa produk terbaik berdasarkan beberapa kategori. Tak terkecuali Pricebook Editorial Choice 2021 yang bisa menjadi rekomendasi terbaik bagi para peminat gadget dan teknologi di Indonesia.

Ada Apa di Pricebook Editorial Choice 2021?

Pricebook Editorial Choice hadir pertama kali di tahun 2020. Di dalamnya banyak memuat produk terbaik dari kacamata Pricebook sendiri. Nah, di edisi kedua ini, di mana kondisi perekonomian masih terjepit pandemi, Pricebook Editorial Choice 2021 lebih menekankan pada produk harga yang terjangkau. Sebab tak bisa dipungkiri bahwa daya beli masyarakat akan gadget pun mengalami penurunan.

Berdasarkan laporan lembaga survei Counterpoint, pasar smartphone global mencatat penurunan pengiriman dari 365,6 juta di Q3 2020 menjadi 342 juta unit di Q3 2021. Di Indonesia sendiri pengiriman smartphone turun 6 persen YoY pada Q3 2021.

Namun, di tengah kekurangan komponen, pengiriman PC global justru mengalami pertumbuhan sebesar 9,3 persen YoY di Q3 2021 menjadi 84,2 juta unit. Begitu pula pasar wearable yang turut mengalami pertumbuhan.

Kemudian, IDC melaporkan adanya peningkatan pengiriman sebesar 9,9 persen YoY menjadi 138,4 juta unit. Di mana pengiriman untuk earphone, termasuk TWS, meningkat 26,5 persen. Sedangkan pengiriman smartwatch tumbuh 4,3 persen.

Data-data tersebut menunjukkan bahwa di tengah tantangan pandemi dan kelangkaan komponen, pasar gadget masih mampu mempertahankan eksistensi, terlihat dari masih cukup banyak perangkat baru yang rilis ke pasaran. Untungnya meski ekonomi masih terbilang menghimpit, setidaknya kita masih punya pilihan mendapatkan produk yang dibutuhkan dengan harga terjangkau, tapi sudah dibekali kemampuan terbaik.

Dalam pengamatan Pricebook, sepanjang Januari-Oktober 2021, puluhan gadget baru muncul, mulai dari smartphone, laptop, TV hingga perangkat wearable. Lewat Pricebook Editorial Choice 2021 ini, Pricebook pun sudah menentukan kategori Best Value Smartphone, Best Value Laptop, Best Value Wearable Device, Best Value Brand.

Best Value Smartphone

Dalam kategori Best Value Smartphone ini, kita bisa menemukan smartphone terbaik dengan harga terjangkau yang menghadirkan kualitas unggul secara menyeluruh, baik dari segi desain, ketahanan, serta pencarian favorit. 

Ada empat kategori yang bisa menjadi rekomendasi, mulai dari Smartphone 1 Jutaan Terbaik, Smartphone 2 Jutaan Terbaik, Smartphone 3 Jutaan Terbaik, dan Smartphone High Performance di tahun 2021.

1. Smartphone 1 Jutaan Terbaik: POCO M3

Best Value Smartphone

POCO M3 menjadi yang Best Value Smartphone di rentang harga 1 jutaan. Secara performa, POCO M3 ditenagai prosesor Snapdragon 662 yang dipadukan dengan kapasitas RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

Yang membuatnya unggul dari pesaing, yakni sudah dibekali layar dengan resolusi Full HD+ dan dilindungi Gorilla Glass. Tidak hanya itu, ROG Phone 3 juga sudah menggunakan baterai besar yang mencapai 6.000 mAh.

2. Smartphone 2 Jutaan Terbaik: Infinix Note 10 Pro NFC

Infinix Note 10 Pro NFC

Ada beberapa alasan Infinix Note 10 Pro NFC dipilih menjadi yang terbaik di rentang harga 2 jutaan. Dari sisi layar, ukurannya lebih besar dengan luas 6,95 inci, sudah memiliki resolusi Full HD+ serta sudah didukung refresh rate 90Hz. Smartphone ini akan sangat nyaman untuk pengguna yang hobi menonton ataupun juga bermain game. 

Lalu dari sisi kamera, ada empat lensa di bagian belakang yang bisa digunakan. Konfigurasinya terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera ultrawide 8 MP, kamera depth 2 MP, dan kamera mono 2 MP. 

Performanya mengandalkan chipset Mediatek G95 yang cukup oke untuk semua aktivitas, termasuk gaming. Chipset ini sudah disokong kapasitas memori besar yaitu RAM 8 GB dan ROM 128 GB.

Sedangkan dari sisi baterai, kapasitasnya mencapai 5.000 mAh yang didukung pengisian cepat 33W. Infinix Note 10 Pro juga sudah dibekali dengan fitur NFC yang memudahkan untuk mengecek dan mengisi saldo e-money. Ini menjadi nilai tambah ponsel ini, lho.

3. Smartphone 3 Jutaan Terbaik: POCO X3 Pro

POCO X3 Pro

Setelah POCO M3 menempati urutan smartphone terbaik di harga 1 jutaan, kini giliran POCO X3 Pro yang didaulat sebagai smartphone terbaik di rentang harga 3 jutaan. Tentunya smartphone ini menawarkan spesifikasi yang jauh lebih baik, bahkan beberapa fiturnya menyamai ponsel flagship

Secara spesifikasi, POCO X3 Pro mengungguli smartphone lain di kelasnya. Dimulai dari layar IPS berkuran 6.67 inci, sudah dibekali refresh rate tinggi mencapai 120Hz plus dukungan teknologi HDR10. 

Ponsel ini memiliki keunggulan pada kamera depan dengan kapasitas resolusi mencapai 20 MP, di mana untuk kamera belakangnya terdiri dari 48 MP, 8 MP, 2MP dan 2 MP.

Dan yang paling menonjol dari POCO X3 Pro dari pesaingnya adalah pengguna prosesor Snapdragon 860. Ini termasuk prosesor terkuat yang biasa digunakan ponsel flagship. Buat yang hobi ngegame, ini cocok banget, sih, buat dipinang. Jangan lupa baca bismillah.

Nah, untuk RAM-nya sendiri, tersedia opsi RAM 6 GB dan 128 GB, serta RAM 8 GB dan ROM 256 GB, di mana dua varian ini kini dibanderol harga 3 jutaan. Lalu baterainya memiliki kapasitas 5.160 mAh dengan dukungan fast charging 33W.

4. Smartphone High Performance: Xiaomi 11T

Xiaomi 11T

Kategori ini merupakan smartphone harga terjangkau yang sudah dibekali dengan performa tinggi. Pilihannya jatuh ke Xiaomi 11T. Harga Xiaomi 11T sendiri dibanderol 5 jutaan, tapi spesifikasi yang tertanam menyamai ponsel flagship.

Pertama, dari sisi kamera yang mengusung resolusi tinggi dengan kamera utama pro-grade 108 MP yang didukung kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera tele macro 5 MP. Tidak hanya resolusi tinggi tapi juga didukung fitur canggih.

Kamera pada Xiaomi 11T dioptimalisasi dengan teknologi 9-in-1 pixel binning dan fitur Dual Native ISO, perekaman video “One-click AI Cinema” yang dapat digunakan dengan efek unik seperti Time Freeze, Freeze Frame, Magic Zoom, Parallel World, Night-time Lapse, Telemacro Video dan Slow Shutter.

Lalu layar Xiaomi 11T mengusung panel AdaptiveSync AMOLED berukuran 6.67 inci dengan resolusi FHD+. Layar ini pun dibekali teknologi apik seperti mendukung refresh rate 120Hz, kecerahan 1000 nits, rasio kontras 5000000:1, serta dukungan HDR10+. Xiaomi juga memproteksi layar ini dengan pelindung terbaik saat ini, yakni Corning Gorilla Glass Victus. 

Performa Xiaomi 11T ditenagai chipset MediaTek Dimensity 1200-Ultra, termasuk chipset flagship yang dibuat dengan arsitektur 6nm, clock speed hingga 3 GHz, dan diklaim efisiensi dalam meredam panas untuk menghasilkan performa yang stabil, serta sudah mendukung teknologi 5G.

Chipset ini disokong dengan memori RAM 8 GB dan ruang penyimpanan internal sebesar 256 GB. Yang tak kalah menarik, Xiaomi 11T dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan pengisian daya cepat 67W yang akan mengisi baterai 100 persen dalam waktu 36 menit saja. Gimana gak wow, coba?

Best Value Laptop

Best Value Laptop

Pricebook Editorial Choice 2021 membantu aku untuk melabuhkan hati pada laptop baru yang dituju. Dalam kategori Best Value Laptop, Pricebook merekomendasikan laptop RedmiBook 15, yang berada di rentang 6 jutaan.

Menurut Pricebook, RedmiBook 15 berhasil menjadi laptop murah terbaik di harga 6 jutaan dengan spesifikasi memuaskan. Laptop ini hadir dengan layar 15.6 inch FHD dan kecanggihan prosesor intel gen-11.

RedmiBook 15 mengusung kapasitas RAM 8GB, tentu saja membuat laptop ini memiliki kecepatan kerja dan multitasking yang baik karena penambahan SSD 256GB di dalamnya. Ini cukup menjadikan RedmiBook 15 terbilang gahar di kelasnya, bahkan di range harga serupa.

Layar RedmiBook 15 dilengkapi dengan fitur Anti-Glare untuk mengurangi efek refleksi pada layar, sehingga tampilannya tetap terlihat tajam bila dilihat dari berbagai sudut pandang. Layar laptop Xiaomi ini juga memiliki DC Dimming yang flicker-free, di mana mata pengguna akan terasa tetap nyaman saat menatap layar laptop dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Switch Alpha 12, Teman Ringankan Beban

RedmiBook 15 juga menghadirkan kelengkapan port, webcam dengan resolusi 720HD, dual speaker stereo 2 watt yang jernih, serta kemampuan fast charging 65W.

Tak main-main, untuk laptop yang berada di kelas 6 Jutaan, RedmiBook 15 cukup andal dengan performa baterai laptop yang mampu bertahan selama 10 jam saat berada pada posisi penuh. Baterainya hanya membutuhkan waktu 33 menit untuk terisi 50 persen berkat fast charging yang disertakan.

Best Value Wearable Device

Jika tadi sudah bertengger smartphone dan laptop pilihan, Pricebook juga tak ketinggalan untuk merekomendasikan Best Value Wearable Device. Kategori ini menghadirkan wearable terbaik dengan fitur lengkap, harga terjangkau, serta memiliki desain yang trendi dan tak lupa menjadi favorit pencarian di laman Pricebook. Di sini kita bisa mendapatkan rekomendasi Best Value Smartwatch, Best Value Smartband, hingga Best Value TWS.

1. Best Value Smartwatch: realme Watch 2 Pro

realme Watch 2 Pro

realme Watch 2 Pro dipilih sebagai smartwatch terbaik karena bukan hanya unggul dari segi spesifikasi, tetapi juga harganya. Smartwatch satu ini dibekali dengan 90 mode olahraga serta berbagai fitur kesehatan.

Kapasitas baterainya pun besar dengan daya tahan hingga 14 hari. GPS Satelit Ganda yang memiliki tingkat presisi tinggi juga menjadikan realme Watch 2 Pro bertengger di posisi Best Value Smartwatch.

2. Best Value Smartband: Mi Smart Band 6

Mi Smart Band 6

Mau mencari smartband yang unggul? Mi Smart Band menjadi produk yang paling direkomendasikan oleh Pricebook. Selain harganya terjangkau, smartband ini juga dibekali dengan berbagai keunggulan dari desain dan spek.

Sertifikasi 5ATM Water Resistant juga menjadikan Mi Smart Band 6 sebagai pilihan terbaik untuk beraktivitas, apalagi dengan 30 mode olahraga yang akan membantu penggunanya untuk hidup sehat.

3. Best Value TWS: realme Buds Air 2

realme Buds Air 2

Ada banyak orang menyukai TWS yang memiliki fitur bass yang mumpuni. realme Buds Air 2 adalah produk yang dipilih Pricebook sebagai Best Value TWS. Kenapa? Karena tentu saja realme Buds Air 2 mampu menghasilkan suara terbaik dengan adanya fitur Bass Boost+. TWS satu ini juga dibekali dengan fitur Active Noise Cancelling (ANC) dan Dual Mic Noise Cancellation yang sangat berguna ketika sedang beraktivitas.

Ditambah lagi, TWS realme ini juga memiliki Gaming Mode dan total masa pakai baterai hingga 25 jam. Rasanya, semua keunggulan tersebut membuat realme Buds Air 2 layak berada di posisi teratas sebagai Best Value TWS.

Best Value Brand

Best Value Brand memuat pilihan brand dari industri terkait, seperti Best Value SmartTV Brand, Best IoT, Best Value ISP, Best Smart Home, dan Price to Quality Brand.

1. Best Value SmartTV Brand: TCL

Best Value SmartTV Brand: TCL

Mencari TV berkualitas dengan harga yang terjangkau tentu menjadi harapan bagi setiap orang, dan salah satu merek yang menawarkan rangkaian TV berbagai jenis dengan harga yang jauh lebih terjangkau di pasaran, tetapi dengan kualitas terbaik di kelasnya, adalah TCL.

Perusahaan yang mulai memproduksi modul LCD sejak tahun 2008 ini memiliki deretan produk TV untuk berbagai kebutuhan, mulai dari jenis DTV, ATV, HDTV, FHD TV, Android TV, 4K UHD TV, hingga 8K QLED TV yang menjadi lini unggulan mereka.

Baca Juga: Memahami Google Analytics dan Google Search Console

Secara global, TCL telah menorehkan berbagai prestasi yang cukup gemilang dalam industri, termasuk menjadi official partner untuk beberapa ajang olahraga bergengsi. Beralih ke teknologi dan performa, TCL berhasil menerapkan teknologi Trendsetting Quantum Dot dan Dolby Vision pada produk 8K QLED TV mereka. Teknologi ini memungkinkan terciptanya warna, kecerahan, dan kontras terbaik di kelasnya.

2. Best IoT Brand: Samsung

Best IoT Brand

Samsung menjadi pilihan brand IoT terbaik Pricebook di penghujung tahun 2021 kali ini. Samsung dipilih karena memiliki ekosistem produk terlengkap, mulai dari smartphone mutakhir, jam tangan pintar, kamera, TV, dan lebih banyak peralatan rumah pintar yang bisa saling terhubung dan terkait satu sama lain.

Samsung juga sudah mulai menjalankan sistem sinkronisasi antar device dengan keberadaan Samsung SmartThings yang mampu mengakomodasi kinerja setiap device dalam satu aplikasi. Yang lebih bikin pengin bilang mantap, untuk produk kelas entry dan juga mid-end pun sudah dapat menggunakan akses SmartThings secara penuh.

3. Smart Home Solution: Bardi

Bardi

Penilaian Smart Home Solution kali ini jatuh ke tangan Bardi yang konsisten fokus pada produk-produk penunjang rumah pintar. Bardi menyediakan produk rumah pintar dengan kualitas yang baik serta harga terjangkau.

Selain bicara harga, semua produk Bardi dapat diintegrasikan dengan mudah melalui Google Home, Alexa, Siri, dan juga SmartThings. Meski begitu Bardi juga memiliki aplikasi pendukung personal Bardi Smart Home yang menawarkan otomatisasi menyeluruh untuk semua produknya.

4. Affordable Data Package: Tri

Tri

Mau paket data murah dengan kapasitas internet besar? 3 menjadi pilihan terbaik untuk paket data terbaik dengan harga terjangkau. Mulai dari paket data reguler hingga paket data untuk gaming dan paket data media sosial.

Baca Juga: Main Game Online Tanpa Ribet di Plays.org

5. Price to Quality Brand: realme

realme

realme adalah salah satu produsen gawai yang sangat aktif merilis perangkat smartphone dan produk-produk IoT mereka di Indonesia, di sepanjang tahun 2021.

realme memang dikenal selalu menawarkan teknologi terbaik dengan spesifikasi tinggi di kelasnya, tetapi dengan harga yang lebih terjangkau. Gak salah sih, kalau produk smartphone realme juga jadi pilihanku untuk aktivitas sehari-hari. Tim Realme XT mana suaranya? 

Smartphone dan produk-produk IoT realme didesain untuk menjadi trendsetter yang mengutamakan kualitas, tampilan, teknologi, dan fitur. Dari segi desain, kualitas, dan performa, produk smartphone realme dibekali dengan spesifikasi yang cukup tinggi dan harga yang jauh lebih murah dari produk-produk sejenis di kelas yang sama.

Smartphone realme di segmen menengah dan entry misalnya, sudah mengusung baterai jumbo 5.000 mAh, dengan chipset gaming terbaik di kelasnya, hingga teknologi jaringan 5G yang super cepat.

Beralih ke produk IoT, perangkat TWS realme sudah dibekali dengan sertifikasi IPX5 sehingga tahan terhadap cipratan air, hujan, dan keringat. Lalu ada teknologi Dual Mic Noise Cancellation yang disematkan pada realme Buds Air 2, di harga yang kurang dari 1 juta.

Pada produk smartwatch, juga dengan harga kurang dari 1 juta, realme menawarkan smartwatch dengan berbagai fitur premium yang sangat mendukung aktivitas olahraga dan produktivitas penggunanya dengan baik.

Lalu di tahun 2021 ini, untuk pertama kalinya, realme Indonesia meluncurkan laptop realme Book dengan spesifikasi mumpuni yang dibekali prosesor Intel generasi ke-11 di harga yang sangat terjangkau untuk kelasnya. Tak ayal, realme pun dipilih Pricebook sebagai Price to Quality Brand tahun ini.

Nah, itu dia daftar rekomendasi gadget mumpuni yang masuk dalam Pricebook Editorial Choice 2021. Semoga membantu mencari dan meminang gadget yang dituju. ^_^