Tekno · Juli 30, 2021 62

Merawat Pengetahuan Bersama ZenCore di Zenius

ZenCore

Sejak Zenius memperkenalkan ZenCore, aku menyadari betapa merawat pengetahuan menjadi penting dilakukan. Belakangan ini, aku memang keranjingan bermain ZenCore, fitur teranyar yang dihadirkan Zenius untuk semua kalangan yang ingin meningkatkan kemampuan otak terhadap pengetahuan umum.

Di umur-umur yang notabene lebih banyak fokus terhadap pekerjaan, agaknya aku memang sudah banyak melupakan ingatan tentang pengetahuan dasar, yang sebenarnya masih sangat fundamental untuk tetap dikembangkan.

Ada banyak cara untuk kita dapat mengasah kemampuan otak dan pengembangan diri untuk semua kebutuhan. Aku kira, melatih diri di ZenCore juga adalah jawaban.

Perkenalan Pertama dengan Zenius

Sebelum bicara banyak tentang ZenCore, sepertinya menyenangkan apabila aku menulis bagaimana perkenalan dengan Zenius dimulai. Ini seperti memutar kembali kenangan masa sekolah yang paling aku rindukan.

Begini, sebelum bermunculan start-up start-up baru dalam hal teknologi pendidikan, Zenius sudah lebih dulu hadir menyediakan layanan akses pendidikan dalam format video berbahasa Indonesia yang disajikan baik secara online melalui website (zenius.net), maupun secara offline dengan media CD dan DVD.

Kala itu, Zenius benar-benar mengisi hari-hari SMA aku selama tiga tahun lamanya. Bayangkan, aku bahkan kesulitan menyimpan foto-foto dan film favorit karena memori netbook saat itu dipenuhi dengan ragam video Zenius dari hampir semua pelajaran. Biologi, Matematika, Kimia, Fisika, bahkan pelajaran-pelajaran sosial seperti Sejarah, Sosiologi, hingga Geografi yang juga dijumpai sebelum ada penjurusan kelas.

Baca Juga: Review blu by BCA Digital: Mudah Atur Keuangan

Dengan kondisi berada di kelas unggulan yang mengharuskan mempertahankan nilai agar tidak tergeser, membuat aku benar-benar harus lebih ekstra dalam memahami pelajaran. Hampir semua anak kelas unggulan saat itu aku kira memiliki file pembelajaran Zenius yang diberikan oleh mentor di luar sekolah.

Banyak dari teman-teman yang bahkan sudah lebih dulu paham sebelum dijelaskan oleh guru-guru di kelas karena sudah mempelajarinya di Zenius. Sejujurnya, kondisi dengan murid-murid yang terlampau obsesif sekali terhadap belajar itu membuat aku cukup stres dan kesulitan menjangkaunya. Hahaha.

Cuma aku juga agak sedikit lega sih, karena video-video yang diberikan Zenius memang sangat memudahkan aku lebih cepat mencerna pembelajaran. Paling tidak, kalaupun kesulitan, aku bisa terus-terusan mengulang-ulang video hingga bisa dimengerti. Ya, walau aku tahu sih, pada akhirnya, aku tetap siswa dengan ranking terbawah. Bagian itu sih sudah tidak bisa terbantahkan, ya, hahaha. Beruntungnya aku bisa bertahan selama tiga tahun di kelas unggulan berkat bantuan Zenius.

Zenius Terus Lebarkan Sayap!

Nah, sesuai dengan perkembangan zaman, Zenius juga sudah banyak berinovasi dengan menawarkan fitur-fitur baru yang lebih memudahkan kita untuk belajar, terutama buat anak-anak SD, SMP, dan SMA.

Baca Juga: SehatQ.com, Asisten Digital Mengelola Kesehatan

Kalau zamanku belajar di Zenius itu terbilang cukup premium ya, kita mesti mengeluarkan kocek yang lumayan untuk mendapatkan video pembelajaran. Tapi, sekarang video pembelajaran dan juga kumpulan soal Zenius sudah bisa dinikmati secara gratis melalui aplikasi Zenius. Video materi Zenius juga bisa ditonton di website zenius.net.

Nah, Live Class juga disediakan buat pengguna yang ingin belajar UTBK secara eksklusif bersama tutor berpengalaman setiap hari sesuai dengan jangka waktu yang ditetapkan. Ada juga Live Class gratis yang bisa diikuti para pengguna.

Enaknya, sekarang juga Zenius sudah punya ZenBot yang bisa mengatasi kesulitan mengerjakan soal-soal pelajaran. Kita bisa bebas nanya apa pun dan kapan pun ke ZenBot, yang bakal dengan cepat diberikan solusi serta penjelasan konsepnya.

Selain ZenBot, ada ZenCore yang sudah kusebutkan di awal paragraf. ZenCore ini jadi yang paling terbaru hadir dalam layanan Zenius untuk melatih fundamental skills.

Latihan Asyik dengan ZenCore

Main ZenCore di Zenius

ZenCore adalah skill dan knowledge yang menurut Zenius mesti dikuasai oleh semua orang, terlepas dari apa pun jenjang pendidikan, jurusan, atau bidang kerjaannya. Maka dari itu, ZenCore ini cocok untuk segala usia, baik untuk persiapan AKM, UTBK, Ujian Mandiri universitas dan sekolah kedinasan, tes CPNS, hingga rekrutmen pekerjaan yang bisa bikin kita untuk #mulaidarimanaaja.

Baca Juga: Memahami Google Analytics dan Google Search Console

Di ZenCore, kita bisa mengasah pengetahuan umum terkait tiga materi fundamental, yaitu Matematika, Verbal Logic, dan Bahasa Inggris melalui CorePractice. Ada ribuan kuis yang dikombinasikan untuk menguji beberapa tingkatan berpikir. Ada pertanyaan yang cukup dijawab dengan hanya mengingat, sampai ke pertanyaan yang bikin mikir banget.

Eits, tapi tenang, meskipun kita gagal jawab, ZenCore juga ngasih pembahasan yang bisa kita pelajari untuk menjawab soal-soal selanjutnya di level berikutnya. Adanya level-level ini bikin aku terpacu dan penasaran untuk terus meng-upgrade kemampuan otak. Lumayan juga bisa ngisi sedikit waktu luang ngerjain kuis sambil rebahan.

Cara Main Kuis di ZenCore

  • Untuk bisa menikmati fitur ZenCore dari Zenius, kamu harus terlebih dahulu download aplikasi Zenius di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.
Download Aplikasi Zenius
  • Setelah mengunduh aplikasi, kamu bisa langsung mendaftarkan diri di Zenius dengan memasukkan email atau nomor telepon.
Download Aplikasi Zenius
  • Ketik nama dan buat kata sandi minimal 8 karakter
download Zenius, ZenCore
  • Kode verifikasi akan dikirim ke alamat email yang didaftarkan. Saatnya buka email dan lanjutkan verifikasi.

Verifikasi akun Zenius
  • Setelah email terverifikasi, kamu bisa melanjutkan masuk ke akunmu.

  • Selanjutnya menyertakan data diri.
daftar Zenius
  • Kamu bisa menuliskan alasan mendaftar di aplikasi Zenius. Kalau aku, pilih mengasah kemampuan.
isi ata diri Zenius
  • Nah, setelah itu kamu akan diminta untuk verifikasi nomor HP.
aplikasi Zenius
  • Kamu bisa memulai mengasah kemampuan dengan klik ZenCore Adaptive di layar utama.

  • Lalu, pilih kuis yang ingin kamu ikuti di CorePractice. Ada pilihan Matematika, Verbal Logic, dan Bahasa Inggris.
main ZenCore
  • Update terus level di CorePractice.
nilai di ZenCore
  • Kamu juga bisa mengajak teman untuk ikutan main. Eh, bisa lihat juga lho berapa Global Score dan Global Rank kamu dibandingkan dengan temanmu. Hihihi.

Sejauh ini aku sudah mengumpulkan 66 Points. Ini saatnya kamu untuk download aplikasi Zenius dan mencoba fitur Zencore #mulaidarimanaaja.