Tekno · Juli 14, 2021 17

Review blu by BCA Digital: Mudah Atur Keuangan

blu by bca digital

Sejak empat bulan lalu, aku memutuskan membuka rekening BCA yang dikhususkan untuk usaha jualan buku. Pertimbangan memilih BCA sendiri tidak begitu panjang karena kredibilitas bank satu ini agaknya tidak perlu diragukan.

Persis, kita bisa dengan mudah membuka rekening secara online, walau waktu itu aku mendapatkan kendala karena KTP yang tidak terbaca. Ya, itu memang kesalahanku sih yang hingga hari ini masih malas membuat KTP baru. Untungnya saat pergi ke cabang, dengan mudahnya masalahku bisa terselesaikan.

Fitur-fitur yang ada di BCA memudahkanku melakukan banyak transaksi dan beragam layanan lengkap lainnya yang juga bisa dinikmati. Ternyata, aku jadi semakin betah pakai bank ini dan terus mengikuti berbagai informasi terkini.

Nah, kabar baiknya, saat ini BCA sudah meluncurkan layanan bank digitalnya melalui entitas PT Bank Digital BCA (BCA Digital) bernama “blu” yang bikin dunia keuangan digital tentunya semakin menggairahkan.

Kenalan dengan Aplikasi blu

blu by BCA Digital adalah aplikasi perbankan digital berbasis mobile yang dikembangkan selama dua tahun dimulai sejak BCA resmi mengakuisisi Bank Royal pada tahun 2019 lalu. Bank inilah yang kemudian diubah menjadi BCA Digital.

Aplikasi satu ini rupanya hadir sebagai ekosistem bank digital tanpa kantor cabang yang bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. Aplikasi blu juga terintegrasi dengan semua infrastruktur digital yang dimiliki oleh BCA, seperti call center dan jaringan ATM. Platform satu ini dalam waktu cepat sudah bisa dinikmati oleh pengguna Android maupun iPhone.

Review Aplikasi blu

Review Jujur Aplikasi blu

Aplikasi blu menawarkan kemudahan mulai dari proses pembukaan rekening hingga berbagai transaksi yang dijalankan. Sebagai yang pernah punya pengalaman penolakan dalam membuka rekening online, awalnya aku khawatir enggak akan bisa ikut menikmati kehadiran aplikasi blu by BCA Digital ini.

Seperti yang aku singgung di awal kalau aku sempat mengalami kendala KTP yang tidak terbaca. Tapi aku tetap penasaran dan ingin sekali merasakan layanan blu by BCA Digital. Kira-kira bisa enggak ya? Nah di sini aku ingin memberikan review jujur Aplikasi blu dari pengalaman menggunakan blu by BCA Digital.

Sebagai aplikasi bank digital, membuka rekening di blu ini tentunya bisa dilakukan dengan mudah. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh aplikasi blu di Play Store atau App Store.

review aplikasi blu

Oh iya, salah satu keinginan kuat untuk pakai aplikasi blu by BCA Digital ini juga karena ada banyak pengguna yang kasih review aplikasi blu dengan memberikan rating tinggi. Bahkan ada yang kasih review aplikasi blu sambil ngajak join pakai kode referal biar dapat voucher segala.

Dokumen yang perlu disiapkan adalah KTP dan NPWP untuk mengonfirmasi data pribadi. Kemudian, isi e-formulir dan ikuti instruksi yang ada pada aplikasi, mulai dari informasi pekerjaan, nama perusahaan/instansi, industri pekerjaan, jabatan, sumber dana penghasilan, penghasilan per tahun, hingga tujuan pembukaan rekening.

Ternyata, kalau sebelumnya kita sudah memiliki rekening BCA, proses pendaftarannya akan jauh lebih mudah lagi. Karena seluruh data pribadi langsung otomatis tersaji ketika memasukkan dokumen KTP dan NPWP tadi. Namun, bagi yang belum memiliki rekening BCA pun tetap bisa membuka aplikasi digital ini.

Setelah selesai, pengguna bisa langsung melakukan verifikasi melalui video call dengan Call Center blu. Video call ini yang bikin deg-degan. Enggak perlu waktu lama untuk kita bisa terhubung dengan Call Center di sana. Prosesnya sendiri singkat banget! Aku cuma diminta foto dengan memegang KTP sebagai bukti verifikasi. Dan fyuh… KTP-ku beneran aman! Hahaha.

review aplikasi blu

Sewaktu video call, Mbak-mbak blu ini minta aku nunggu rekeningku diverifikasi dalam waktu 24 jam. Tapi belum 10 menit, aplikasi blu by BCA Digitalku ternyata sudah aktif dan bisa dijalankan. Dan kita diminta untuk membuat PIN blu.

Taraaat, sudah jadi~

aplikasi blu by BCA Digital

Di aplikasi blu by BCA Digital ini ada beragam layanan yang memudahkan kita mengatur keuangan lebih mudah sesuai dengan kemauan. Ternyata, dua tahun untuk mengembangkan blu membuat BCA tidak main-main dalam memberikan layanan terbaiknya.

Fitur blu

  • Tarik tunai kelipatan Rp50.000
  • Limit per transaksi maksimal Rp1.250.000
  • Limit harian Rp7.000.000
  • Transaksi seamless di ATM BCA lewat sistem yang terintegrasi
  • Tarik Tunai sepuasnya di ATM BCA terdekat bebas biaya
  • Bebas biaya admin yang dimaksud adalah 2 bulan pertama sejak pembukaan rekening blu
  • Setelah 2 bulan, tetap bisa menikmati bebas biaya admin dengan memastikan saldo portofolio bulanan rata-rata di angka Rp1.000.000
  • Bebas biaya administrasi untuk transfer sesama rekening blu
  • Bebas biaya administrasi untuk transfer dari/ke BCA sepuasnya (dari BCA bebas biaya apabila transfer via BCA mobile & ATM BCA)
  • Untuk transfer lebih dari Rp100.000.000 diwajibkan untuk verifikasi biometric untuk memastikan keamanan transaksi

Baca Juga: SehatQ.com, Asisten Digital Mengelola Kesehatan

Untuk kategorinya sendiri, blu menawarkan empat layanan utama, yaitu Tabungan, Transaksi, Monitor, dan Ekstra, yang dibagi ke dalam sejumlah fitur.

bluAccount

(Foto: Dok. blu).

bluAccount adalah rekening utama kita saat sukses menjadi nasabah blu. bluAccount akan menjadi rekening aktif untuk melakukan berbagai macam transaksi, mulai dari transaksi transfer, QRIS, top up e-money, bayar tagihan, hingga tarik tunai. Dengan memiliki bluAccount kita bisa mengoptimalkan penggunaan blu.

bluSaving

bluSaving adalah pemisahan tabungan dalam satu rekening bluAccount yang bisa diatur sesuai dengan tujuan. Selain gampang buatnya, bluSaving menawarkan suku bunga yang kompetitif untuk membantu merealisasikan goal tabungan.

Yang menarik dari fitur bluSaving ini, kita bisa bikin hingga 10 tabungan sesuai kebutuhan dalam satu rekening. Hal kece lainnya di bluSaving ini adalah suku bunga yang kompetitif dan lebih tinggi dari bluAccount.

Fitur auto debit juga memudahkan kita nabung untuk merealisasikan goal dalam durasi yang kita tentukan sendiri. Jadi, kita juga bisa set budget, tujuan, dan durasi nabung masing-masing tabungan sesuai yang ditargetkan.

Tentu saja fitur ini sangat memudahkan aku yang punya keinginan untuk mengatur keuangan. Mulai dari kebutuhan sehari-hari, usaha, dana darurat, hingga tabungan masa depan. Aplikasi ini bisa membantu banyak orang untuk menabung.

bluGether

bluGether adalah layanan patungan yang disediakan blu. Di sini pengguna bisa memiliki rekening tabungan single account yang dapat dipakai seperti rekening bendahara dan dapat mengundang teman sebagai Member, untuk ikut memonitor transaksi dan saldo rekening bluGether biar lebih transparan.

Pemilik rekening bluGether akan dinamai sebagai Creator. Creator bisa mengundang maksimal 24 Member dalam satu rekening bluGether. Hanya Creator yang bisa menghapus Member dan menarik dana dari satu bluGether.

Member sendiri adalah nasabah blu yang setuju bergabung dalam bluGether milik Creator. Untuk menjadi Member, pengguna harus menerima bluGether invitation terlebih dahulu dari Creator. Seorang Member bisa menambah dana, melihat saldo dan mutasi transaksi, mendapatkan notifikasi apabila Creator melakukan penarikan dana dari satu bluGether.

Fitur satu ini membuat Creator dan Member bisa memonitor saldo dan mutasi rekening bersama-sama.

bluDeposit

bluDeposit ini adalah produk deposito berjangka yang bisa memberikan suku bunga lebih tinggi dibandingkan bluSaving. Di sini, pengguna bisa memuka deposito dengan minimal saldo Rp10.000.000 lewat aplikasi blu.

Dana bluDeposit bisa ditarik sebelum jatuh tempo (SBJT), tetapi tidak akan mendapatkan bunga. SBJT tidak bisa dilakukan di hari pembukaan bluDeposit dan 2 hari kalender sebelum jatuh tempo. Tersedia juga E-Bilyet.

Transaksi

Berbagai transaksi, mulai dari bayar/beli, QRIS, tarik tunai, top up e-money, hingga transfer bisa dilakukan melalui satu aplikasi. Segala macam transaksi sehari-hari bisa dikerjakan dengan fitur pengingat. Transaksi penting enggak bakalan ke-skip deh karena akan ada pengingat dari setiap tanggal yang sudah kita set.

Laporan Keuangan

blu menyediakan 3 jenis laporan keuangan: Laporan Portofolio, E-Statement, Data Pendukung SPT. Laporan Portofolio dan E-Statement bulanan bisa diunduh setiap awal bulan (tanggal 1), dan catatannya tersimpan dalam rentang waktu 2 tahun.

E-Statement tersedia per rekening bluAccount, bluSaving, bluGether. Adapun Laporan Portofolio memuat detail keuangan dan transaksi semua rekening blu yang dimiliki pengguna. Laporan Pendukung SPT tersedia setiap tanggal 4 Januari berisikan laporan bunga dan pajak dari semua rekening blu.

Riwayat Transaksi

Semua pergerakan uang di tiap fitur bisa dicek dengan mudah menggunakan filter pada riwayat transaksi yang bisa disortir berdasarkan waktu, tipe, dan fitur yang digunakan saat bertransaksi.

Tracker

Tracker ini memudahkan pengguna untuk memonitor cashflow bulanan finansial. Tracker mencatat seluruh informasi pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan setiap bulannya.

bluRewards

Dengan bluRewards, nasabah blu bebas bertransaksi tanpa biaya. Dan bagi nasabah baru, akan otomatis mendapatkan bluRewards untuk 2 bulan pertama tanpa syarat.

Di sini kita juga bisa bebas biaya untuk total 20x transfer ke bank lain dan/atau top up e-money, juga bebas biaya transfer dari/ke BCA tanpa batas.

Untuk bulan ketiga dan selanjutnya, kita cuma perlu menyimpan saldo rata-rata (portfolio) di bluAccount minimal Rp1.000.000.

Baca Juga: Memahami Google Analytics dan Google Search Console

haloblu

blu hadir sebagai ekosistem bank digital tanpa kantor cabang yang bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. Meski enggak ada kantor cabang, semua urusan layanan blu akan di-handle sama tim haloblu yang selalu sigap via online.

Nah, dari sekian kemudahan yang ditawarkan blu, tentu saja blu punya kekurangan yang masih bisa ditingkatkan ataupun dihadirkan. Saat ini, fitur bayar/beli yang ada juga masih terbatas. Hanya sebatas pembelian pulsa saja yang baru tersedia dan beberapa tagihan lainnya.

Mengingat blu adalah produk dari BCA Digital yang terbilang masih baru, pastinya perusahaan BCA akan terus berinovasi memberikan layanan terbaik bagi pengguna. Kita tunggu saja update-update kemudahan transaksi selanjutnya dari BCA Digital.

Meski tidak ada cabang, kita enggak perlu khawatir karena ada tiga icon blu yang bisa diajak berkomunikasi. Mereka adalah Benni, Lea, dan Utta. Benni ini memiliki arti Berani Investasi. Kemudian Lea, artinya Lebih Kaya. Sementara Utta, adalah Utamakan Tabungan. Mereka bertiga yang membantu blu dalam komunikasi, baik di internal maupun juga dengan nasabah.

Lebih dari itu, blu juga tahu bahwa saat ini bukan lagi era kompetisi, melainkan kolaborasi yang dapat memberikan manfaat lebih banyak lagi bagi seluruh customer yang menikmati layanannya. Karena itu, blu juga akan hadir di platform-platform e-commerce.

Seperti yang sudah diumumkan blu pada peluncurannya, Blibli adalah exclusive partner dari blu yang pertama dalam merealiasasikan platform berbasis ekosistem digital. Jadi, enggak sabar banget menunggu blu hadir di sejumlah e-commerce lainnya.

Aku yakin, fitur dan produk blu akan terus dikembangkan sesuai dengan behaviour kita para pengguna. Sejalan dengan misinya, “we really need and want to get know our customer closer, so that we can really provide the financial products that fulfill their needs.”

Nah, itu dia review jujur aplikasi blu dari pengalaman yang aku rasakan. Semoga review aplikasi blu ini bisa membantu untuk mendapatkan informasi tentang blu by BCA Digital. Yuk, mulai pisahin tabungan pakai blu! Kamu juga bisa mendaftar dengan memakai kode HAPPYB8XH untuk mendapatkan reward spesial dari blu. Selamat mencoba! ^_^