Tekno · September 27, 2021 63

Meningkatkan Karier Cemerlang dengan Aplikasi Siap Kerja QuBisa

aplikasi siap kerja

Before you turn 30 years old, it’s not which company you go to, it’s which boss you follow. A good boss teaches you differently.

Kalimat di atas adalah hal-hal yang diucapkan oleh Pendiri Alibaba, Jack Ma, yang selalu aku ingat di dalam kepala sejak pertama kali mendengarnya. Ya, memang benar, menemukan seseorang yang bisa menjadi landasan kita mempelajari banyak hal adalah anugerah besar.

Beruntung, aku mendapatkan keajaiban itu. Bertemu dengan seorang pimpinan yang penuh dengan dukungan. Beliau selalu mendukung siapa saja yang berada di dekatnya, terlebih anak-anak muda yang punya semangat tinggi, untuk terus berkembang.

Sejujurnya aku sudah lama tidak punya cita-cita dan mimpi, tapi beliau memberi ruang bagiku untuk kembali menata cita-cita. Mendorongku untuk kembali memikirkan arah dan tujuan hidup. Berbagi semangat, menciptakan kebahagiaan di tengah manusia.

Jalan yang Terbuka Lebar

Seperti yang sering orang-orang katakan, tidak ada pertemuan yang tidak memiliki kesan. Pertemuan dengan beliau secara perlahan tapi pasti mampu membuka pikiranku lebih luas lagi dan sebuah dunia di hadapanku menjadi terlihat lebih menyenangkan dan terang.

Sejak saat itu, aku merasa jalan menuju masa depan mulai terbuka lebar. Aku yang minder dan sulit berkomunikasi perlahan mulai untuk memperbaiki diri. Melihat betapa banyak hal yang sebenarnya bisa aku gali dan lakukan.

Belajar menjadi seorang wartawan, editor, master of ceremony, hingga host beberapa program. Semua hal yang sepertinya dulu hanya ada di luar kepalaku kemudian menjelma menjadi semangatku. Aku semakin ingin mencoba banyak hal yang bisa meningkatkan kapasitasku sebagai manusia.

Berkarier di Era Digital

Aku masih ingat, pimpinanku itu kerap mengatakan untuk tidak hanya mengembangkan perusahaan, tetapi juga mengembangkan citra diri sendiri untuk mendapatkan nilai tambah pribadi. Maka dari itu, aku berpikir bahwa sangat penting meningkatkan soft skill, terlebih di era digital yang amat sengit ini.

Baca Juga: Ngeblog dengan Nilai Pancasila di Flash Blogging Kominfo

Hampir semua orang tidak pernah lepas dari media sosial setiap harinya. Bahkan saat ini, eksistensi dan pribadi seseorang dapat dinilai oleh orang lain hanya dengan melihat perilaku dan konten di media sosial.

Meski begitu, media sosial bisa menjadi kekuatan besar untuk mempermudah dalam membangun personal branding. Apalagi buatku yang memang setiap harinya bergulat di dunia digital, termasuk pekerjaan lepas sebagai blogger.

Personal Branding

Memiliki citra diri yang kuat ternyata memang menjadi hal utama yang dapat memberikan dampak besar terhadap karier. Mereka yang memiliki personal branding yang baik kemungkinan akan memperoleh peluang yang lebih tinggi di dunia karier, karena memiliki value yang lebih sehingga posisinya lebih dilirik oleh orang lain.

Aku rasa personal branding sangat membantu kita untuk pertumbuhan karier di masa depan. Kita juga dapat memperoleh kepercayaan diri yang lebih karena kualitas skill yang kita bangun sejak lama. Branding yang baik bisa membantu kita menonjolkan kekuatan yang dimiliki.

Maka dari itu, membangun personal branding yang kuat demi mendukung kesuksesan karier di era digital saat ini menjadi penting dilakukan. Melatih soft skill bisa menjadi salah satu hal utama. Sebab dalam berkarier, tidak hanya dibutuhkan pemahaman akademis dan keterampilan teknis saja, tetapi memiliki soft skill pun bisa menjadi nilai tambah kita.

Sehingga, selain menemukan orang yang tepat untuk mendorong kita bertumbuh, kita juga perlu mencari wadah untuk mengembangkan soft skill yang dipunya.

Seperti yang kita pasti sama-sama amini, cara belajar efektif enggak cuma bisa dilakukan di sekolah. Belajar di tempat lain, seperti program kursus juga bisa menjadi pilihan. Ini yang juga aku lakukan untuk mengembangkan soft skill-ku sendiri dengan mengikuti kursus-kursus di aplikasi belajar online di aplikasi QuBisa sebagai salah satu cara meningkatkan personal branding.

Aplikasi Kerja QuBisa

aplikasi belajar online

QuBisa adalah aplikasi belajar online terpercaya untuk pendidikan dan pembelajaran. Platform satu ini memberikan wadah untuk kursus online gratis sebagai solusi untuk mengembangkan pengetahuan dan soft skill dengan cara belajar gak ribet.

QuBisa memberikan kesempatan untuk para siswa-siswi, lulusan baru yang akan memasuki tempat kerja, pekerja profesional yang ingin meng-upgrade keterampilan mereka, hingga individu yang ingin menjadi pengusaha untuk sama-sama berlatih mengembangkan kemampuan upskilling dan reskilling.

Di dalamnya QuBisa menawarkan banyak konten yang dapat membantu pengguna meningkatkan keterampilan, penilaian bakat, road map karier, sampai kepada konsultasi masalah karier. Program-program yang disajikan bisa membantu kita lebih menguasai kemampuan personal dan berbagai bidang karier. Pastinya juga cara meningkatkan personal branding.

Di QuBisa, kita bisa belajar dengan menggunakan video dengan mengakses tanpa batas ke seluruh kursus online. Belajar di mana pun dan kapan pun dari para instruktur ahli di bidangnya. Ada 500 lebih kursus video dan 200-an webinar tentang hampir semua topik yang bisa didapatkan secara gratis dengan 200 lebih instruktur/pengajar. Kita juga bisa memilih topik-topik yang berbayar. Apa pun pilihannya, dijamin belajar gak ribet kalau pakai QuBisa.

Ada pula layanan sertifikasi yang bisa dipilih sesuai dengan bidang kita masing-masing. Nantinya setelah mengikuti kursus, webinar, microteaching, hingga belajar kilat, kita akan mendapatkan sertifikat juga, lho.

Pengalaman Memakai QuBisa

kursus online gratis

Aku sendiri juga sudah mencoba aplikasi siap kerja satu ini. Kursus pertama yang aku ikuti adalah ‘Tips Sukses Menjadi Pembicara Handal’ bersama Dr. Abdul Latief. Alasan aku mengikuti kelas ini tentu saja karena aku merasa soft skill satu ini masih sulit dikuasai. Padahal sebagai seorang yang bekerja di dunia digital, menurutku memiliki keterampilan berbicara menjadi hal fundamental. Makanya aku senang sekali saat bisa mendapatkan kesempatan mengikuti kursus bersama Dr. Abdul Latief di aplikasi QuBisa ini.

Di dalamnya 12 pelajaran dengan durasi 54 menit 8 detik yang memuat beragam penjelasan menarik.

  • Pertama, kita diberikan materi mengenai alasan kenapa harus menjadi pembicara andal. Video pelajaran pertama adalah tentang meraih kesuksesan melalui keterampilan berkomunikasi dengan durasi 3 menit.
  • Kemudian materi tentang cara meningkatkan komunikasi efektif. Ada tiga video pelajaran dengan durasi total 11 menit, mulai dari jenis-jenis filler words, penyebab munculnya filler words, hingga solusi untuk mengatasi filler words.
  • Lalu ada materi tentang teknik vokal bicara yang berisi empat video pembelajaran. Materi yang disajikan tentang  kekuatan artikulasi, kekuatan intonasi (aksesntuasi dan infleksi), kombinasi power, volume suara, dan pernapasan, hingga cara sukses mengolaborasikan semua elemen vokal.
  • Yang terakhir adalah materi cara ampuh menaklukan gugup saat berbicara di depan publik. Ada empat video pembelajaran yang memuat tentang bagaimana mengenali fenomena grogi ketika berbicara di depan publik, penyebab munculnya kegugupan, menaklukan rasa gugup, hingga video kesimpulan yang memuat konklusi dari materi public speaking ini.

Baca Juga: Kelas Inspirasi Pandeglang: Bersama Membangun Mimpi Anak-anak Pandeglang

Rasanya senang bisa mendapatkan ilmu-ilmu tentang public speaking lewat kursus ini. Oh iya, enaknya mengikuti kursus di QuBisa ini, kita bisa mengakses video secara bertahap kapan pun dan di mana pun hingga rampung. Tanpa ada batas waktu, ya.

Makanya sangat memudahkan juga bisa menyicil pembelajaran sesuai dengan waktu senggang yang kita punya.

Cara Mendaftar QuBisa

cara meningkatkan personal branding

Nah, buat kalian yang juga tertarik mencoba berbagai kursus yang ada di QuBisa untuk meningkatkan kemampuan, bisa segera membuat akun di sana, ya. Mudah kok cara daftarnya!

  • Pertama, unduh aplikasi QuBisa di Play Store untuk pengguna Android atau di App Store untuk pengguna iOS.
  • Setelah aplikasi diunduh, buka aplikasi dan klik Daftar untuk membuat akun.
cara belajar efektif
  • Lanjut dengan mengisi nama lengkap, email, username, kata sandi, dan juga nomor WhatsApp.
meningkatkan kemampuan
  • Akun pun langsung jadi dan siap dipakai.
belajar gak ribet
  • Kamu bisa langsung memilih kursus-kursus yang tersedia.
upskilling dan reskilling

Kursus online gratis yang tersedia di aplikasi siap kerja QuBisa sangat bermanfaat untuk meningkatkan keahlian dalam bersaing di dunia kerja, terutama dalam meningkatkan kemampuan upskilling dan reskilling. Aplikasi ini bisa dipilih sebagai cara belajar efektif yang gak bikin ribet.

Baca Juga: Memahami Google Analytics dan Google Search Console

Oh iya, kebetulan QuBisa juga lagi ngadain kompetisi blog, lho. Buat yang suka nulis, kamu bisa banget berbagi pengalamanmu dalam belajar bareng di aplikasi belajar online QuBisa.

kompetisi blog qubisa
Foto: QuBisa

Yuk, sama-sama belajar di QuBisa dan meningkatkan personal branding kita sebagai upaya mendongkrak karier cemerlang di masa depan~