Kesehatan · Maret 9, 2021 20

Mari Berupaya Meningkatkan Daya Ingat

Foto cover di atas adalah tulisan teman kantorku yang kesal sendiri karena aku sering lupa ini itu.

Hal paling menyebalkan ketika mau berangkat kerja adalah lupa naruh kunci motor di mana. Hampir setiap hari kondisi ini terjadi sama aku. Kalau lagi beruntung, dalam waktu lima menit pun bisa ketemu, tapi kalau lagi buntung, muterin rumah sampai lebih dari 30 menit pun belum terlihat batang hidung (si kunci).Β Inilah kenapa buatku upaya meningkatkan daya ingat amat penting untuk diriku sendiri.

Karena begini ya, terkadang waktuku habis begitu saja buat mondar-mandir nyariin kunci motor. Kalau sudah menyerah, biasanya aku akan nanya ke Mama. Padahal, sudah pasti deh itu kunci motor ada di kamar. Jadi, Mamaku juga enggak akan bisa bantu. Atau terkadang, kalau ada tanda-tanda keponakanku masuk kamar, dia pun jadi sasaran pertanyaan. Soalnya pernah sekali waktu, aku enggak nemu sama sekali kunci motor di kamarku, bahkan di mana pun. Sampai kemudian setelah seharian, keponkanku datang dan bilang kalau dia buang kunci motor di keranjang tempat sampah kamarku.

Dari kejadian itu, kalau aku sudah frustrasi, rasanya ingin suuzan saja. Barangkali ini ulah keponakanku lagi yang kerasukan jin jahil. T_T

Yang juga sama bikin pusingnya, kalau aku memutuskan untuk pakai kunci cadangan tapi enggak ingat juga di mana menyimpannya. Jadi dua kali kan frustrasinya.

Itu baru di rumah. Masalahnya, hal kayak gini juga sering aku alami setiap mau pulang kerja. Tetap enggak tahu terakhir kali menaruh kunci di mana. Belum lagi, motorku itu suka dipinjam sama banyak orang. Jadi, sekali pun enggak ada yang pinjam, aku bakal tetap nanya sama orang-orang kantor di mana letak kunciku sendiri. Mereka juga sudah hafal sih sama kelemahanku soal ingatan ini.

Selain soal kunci motor, aku juga punya masalah dengan ingatan tentang jalanan. Sering banget ketika aku ke suatu tempat, lalu bingung sendiri arah jalan pulang. Padahal, kadang jalannya cuma lurus saja, tapi tetap mikir harus ke mana. Tapi kayaknya yang satu ini bukan cuma masalah ingatan, memang aku buta jalan saja kali ya.

Mengurangi Konsumsi Gula

Aku baru tahu kalau ternyata mengonsumsi banyak gula bisa berdampak mengurangi volume otak dan menurunkan daya ingat, khususnya memori jangka pendek. Sedangkan aku kayaknya sering konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi, salah satunya cokelat. Ya gimana, dalam keadaan apa pun, aku enggak bisa menolak kalau sudah dikasih cokelat. Hmm, mungkin aku harus lebih menguranginya ya.

Harusnya Sih Cokelat Hitam

Hmm, mungkin aku harus lebih mengurangi cokelat yang mengandung susu dan pindah ke cokelat hitam. Sebenarnya aku juga termasuk penyuka cokelat hitam, hanya saja jarang sekali ketemu makanan satu ini. Sepertinya mulai saat ini aku akan request sama teman-teman kantor untuk dibelikan cokelat hitam. Sebab ada studi yang menunjukkan kalau cokelat hitam menghasilkan daya ingat yang lebih baik ketika dibandingkan dengan mereka yang tidak memakan cokelat hitam.

Pasalnnya di dalam cokelat hitam itu ada kandungan flavonoiod yang di dalamnya dapat meningkatkan kemampuan otak.

Olahraga

Rasanya enggak afdol kalau enggak dapat komentar hamil berapa bulan lah, mukanya pipi semua lah. Sampai kadang jadi enggak berani lihat diri sendiri dengan bentuk yang agaknya menakutkan.

Masalahnya aku termasuk yang malas berolahraga. Padahal aku tahu olahraga itu juga termasuk salah satu hal yang bisa meningkatkan kemampuan daya ingat. Apakah artinya aku harus mulai nge-gym seperti saran Kak Dika?

Semoga tiga hal ini bisa aku mulai terapkan supaya enggak frustrasi lagi kalau lupa ini itu.