Tips · March 18, 2021 2

8 Bahan yang Ternyata Bisa Menghilangkan Noda Luntur Pakaian

meghilangkan noda luntur
(Foto: Freepik).

Salah satu hal menyedihkan yang bikin speechless berkepanjangan, selain novel kesayangan kusut dan hancur kena air, adalah lunturnya pakaian. Dengan wawasanku yang enggak bagus-bagus amat ini, kadang aku masih enggak ngerti pakaian yang mau aku cuci ini terbuat dari apa, mudah luntur atau nggak. Nah, kalau sudah kena luntur ini, bukannya nyari solusi menghilangkan noda luntur, malah berlutut di depan mesin cuci. Hadeh.

Tapi setelah aku cari tahu dari berbagai artikel, ternyata ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda akibat kelunturan pakaian.

Alkohol

Alkohol ternyata enggak cuma efektif mengobati luka (luka ya, bukan patah hati. Patah hati mah urus sendiri aja, alkohol juga turun tangan T_T). Nah jika ada kelunturan noda, utamanya yang berasal dari tinta, alkohol katanya bisa jadi bahan paling cepat dan mudah untuk menghilangkannya. Kamu bisa menggosokkan alkohol pada noda pakaian hingga noda memudar, kemudian kucek dan cuci baju hingga kering.

Asam Cuka

Salah satu bahan yang juga ampuh menghilangkan noda luntur adalah cuka. Cuka ini bisa dicampurkan dengan air hangat, garam, dan detergen. Rendam pakaian di dalam campuran tersebut, kemudian cuci baju seperti biasa setelah 15-30 menit.

Larutan Aseton

Larutan aseton rupanya enggak cuma ampuh menghilangkan bekas kuteks saja, tetapi juga bisa dipakai untuk menghilangkan bercak noda di pakaian. Sama seperti bahan lainnya, kita hanya menuang aseton di bercak noda dan menunggu hingga 30 menit sebelum dicuci kembali seperti biasa.

Belimbing Wuluh

Bahan selanjutnya yang bisa dipakai adalah belimbing wuluh. Nah ini kesukaannya ibu-ibu. Kenapa belimbing wuluh juga bisa dipakai? Karena dia juga memiliki sifat asam sehingga termasuk bahan penghapus noda luntur yang efektif. Untuk menggunakannya, potong belimbing wuluh menjadi dua bagian.

Kemudian gosokkan bagian daging buahnya ke noda di baju dan diamkan kurang lebih 30 menit. Setelah itu bisa langsung dicuci dengan detergen dan air.

Lemon

Biasanya tuh aku sedia lemon buat pagi hari sebelum minum air putih, karena kata kakakku bisa membersihkan tenggorokan. Lah ternyata, buah lemon juga bisa digunakan sebagai penghapus noda luntur. Sarinya ini bisa diperas untuk digunakan sebagai campuran air rendaman baju. Agar hasilnya lebih maksimal, tambahkan detergen dan garam ke dalam larutan tersebut.

Mecin atau Vetsin

Nah ini generasi mecin. Mecin atau vetsin selain sebagai penyedap makanan, kedua bahan ini juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan noda luntur di pakaian. Mecin atau vetsin ini bisa dicampurkan dengan air dan detergen dengan perbandingan detergen dan mecin 2:3. Baru kemudia didiamkan, dicuci, dan dikeringkan.

Jeruk Nipis

Nah, jika susah cari lemon dan belimbing wuluh, jeruk nipis juga bisa jadi andalan. Jeruk nipis ini bisa dipotong menjadi dua bagian, lalu potongannya bisa digosokkan ke permukaan noda kelunturan selama lima menit. Setelah itu, tunggu beberapa menit barulah baju bisa dicuci kembali.

Baking Soda

Kalau untuk kecantikan wajah, aku sudah pernah baca juga sih sebelumnya kalau baking soda ini efektif. Tapi ternyata bahan pengembang kue ini juga bisa digunakan untuk melunturkan noda.

(Foto: Freepik)

Jadi, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan ya kalau keunturan pakaian. Padahal selama ini aku kira, kalau sudah kelunturan tuh yang bisa aku lakukan hanya pasrah, karena mungkin ini memang kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa.

Tapi daripada kelunturan, mending kita sebisa mungkin sih mencegahnya. Dipilah-pilih dulu sebelum masukkin baju ke mesin cuci. Apalagi kalau baju baru, biasanya aku rendam terpisah biar nanti tahu bahannya luntur atau enggak. Perasaan ke Han Ji Pyeong aja enggak mau luntur, apalagi baju. Oh no, oh no, oh no oh no oh no.