Kesehatan · February 20, 2021 0

Menerapkan Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi

pola hidup sehat
(Foto: Freepik).

Sudah beberapa hari ini, hujan turun dengan begitu intens. Kita juga bahkan banyak melihat berita banjir yang terjadi di berbagai wilayah. Sudah sepatutnya dalam kondisi yang seperti ini, menerapkan pola hidup sehat adalah poin utamanya.

Ada banyak sekali penyakit yang patut diwaspadai dalam kondisi banjir dan musim hujan seperti ini. Yang paling mudah menyerang saja contohnya, flu. Memang sih, flu itu kadang enggak kenal bulan dan musim, tapi kasus flu seringkali meningkat di musim hujan, lho.

Sebab di musim ini potensi sistem imun tubuh berkurang sangatlah besar. Belum lagi nih sekarang juga ada virus mematikan lain yang sampai hari ini masih bikin kita paranoid. Apalagi kalau bukan Covid-19.

Virus satu ini masih menjadi momok menakutkan, termasuk bagi aku pribadi. Terlebih ketika ada orang terdekatku yang pernah dinyatakan positif Covid-19. Untungnya sekarang sudah dinyatakan negatif usai melakukan swab dan menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

Memang sih saat ini pemerintah sudah bergerilya melakukan vaksinasi di seluruh daerah, tapi saat ini baru memasuki tahap dua untuk petugas layanan publik dan lansia. Buat kita yang masih ada di tahap-tahap berikutnya tentu masih harus bersabar hingga menunggu giliran. Sehingga, hal yang bisa kita lakukan saat ini adalah terus menerapkan protokol kesehatan dan menjalani pola hidup sehat di masa pandemi ini untuk bisa terus menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah terserang beragam penyakit.

(Foto: Freepik)

Pola hidup sehat ini menjadi perubahan perilaku yang amat penting untuk diterapkan. Barangkali tak sedikit orang yang menerapkan kebiasaan baru ini sejak pandemi Covid-19. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga pola hidup kita menjadi lebih sehat.

Mengelola Asupan Makanan

Untuk menerapkan pola hidup sehat, hal pertama yang patut kita perhatikan adalah persoalan makanan. Makan makanan bergizi dan bernutrisi sangat dianjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kita bisa memilih makanan yang kaya akan vitamin C hingga vitamin B kompleks.

Minum Air Putih yang Cukup

Mencukupi kebutuhan air putih juga sangat penting. Itulah kenapa aku sendiri selalu sedia botol minuman, baik di kantor ataupun di dalam kamar. Ini penting supaya aku sendiri enggak mudah dehidrasi, karena kalau sudah dehidrasi biasanya aku bisa jadi pusing. Selain itu, mencukupi kebutuhan air putih juga agar kita bisa meningkatkan kesehatan tubuh.

Cukup Istirahat

Selain dua hal di atas, memiliki jam tidur yang cukup juga bisa membantu memaksimalkan metabolisme dan menjaga daya tahan tubuh kita. Nah, aku pun masih terus berupaya mencukupkan istirahat, apalagi jam kerjaku cukup enggak kenal waktu. Kalian juga harus, ya.

Kalau masih susah juga, mungkin bisa pakai aromaterapi di kamar. Itu juga salah satu yang bisa bikin aku cepat tidur dan nyenyak. Hihi, terima kasih buat temanku yang sudah memberikan aku hadiah ulang tahun diffuser dan juga essential oil yang aku suka.

Minum Multivitamin

Dalam kondisi kayak gini, kita juga perlu memenuhi kebutuhan vitamin harian dengan mengonsumsi multivitamin secara rutin untuk meningkatkan sistem imunitas dan mengaja daya tahan tubuh. Aku pun di rumah sekarang mulai stok beberapa mulvtiitamin untuk dikonsumsi sekeluarga.

Menggunakan Masker

Tidak sedikit kita lihat ada beberapa orang yang masih dengan santai di tempat ramai tanpa menggunakan masker. Rupanya masih banyak di antara kita yang belum bisa disiplin menggunakannya.

Padalah, masker dapat membantu kita melindungi bagian wajah agar tidak berpoteni terkena virus. Protokol kesehatan satu ini jangan sampai lupa ya.

Cuci Tangan

Tangan adalah bagian tubuh yang paling rentan mengandung banyak bakteri. Makanya, cuci tangan yang rajin adalah jalan ninja kita semua. Jangan lupa sedia hand sanitizer untuk memudahkan kita membersihkan kuman setiap menyentuh sesuatu.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga pola hidup sehat. Yuk, sama-sama bisa.